Sabtu, 19 Februari 2011

lubang hitam



Lubang hitam adalah benda yang sangat kuat di angkasa. Sebuah lubang hitam menyedot apa pun yang dekat dengannya. Tidak ada yang dapat melarikan diri dari lubang, bahkan cahaya sekalipun. Tidak ada yang bisa lolos dari lubang hitam karena gravitasi yang begitu kuat.

Sebuah lubang hitam lebih padat daripada apa pun yang kita bayangkan. Sebuah lubang hitam dapat memiliki satu juta kali lebih banyak materi dari Matahari. Para astronom dan fisikawan berpikir lubang hitam berasal dari bintang-bintang mati. Bintang mati membakar dan berhenti bersinar. Semua hal yang membentuk bintang mulai jatuh ke dalam dirinya sendiri. bintang ini lebih padat dan lebih padat. Jika bintang cukup besar dan memiliki cukup materi, itu bisa cukup padat untuk menjadi sebuah lubang hitam.

Tidak seorangpun yang benar-benar melihat lubang hitam. Kita tidak dapat melihat lubang hitam karena dia tidak mengeluarkan cahaya apapun. Fisikawan menggunakan matematika untuk memprediksi bahwa ada lubang hitam.

Astronom mencari tanda-tanda lubang hitam. Para astronom studi sinar kuat yang datang dari bintang-bintang di luar angkasa. Bintang-bintang tampaknya mengorbit lubang hitam. Para astronom berpikir bahwa lubang hitam menyedot gas dari bintang-bintang, dan ini membuat bintang-bintang mengeluarkan sinar X.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar